LDK El-Fataa

Lembaga Dakwah Kampus (sering disingkat LDK) adalah istilah kolektif untuk organisasi kemahasiswaan intra kampus di Indonesia yang ditujukan sebagai persatuan bagi mahasiswa kampus muslim sekaligus sebagai media dakwah Islam. Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia memiliki cabang LDK. Di setiap kampus, LDK bisa berbeda-beda dalam organisasinya, di mana sering digunakan nama yang berbeda, antara lain Unit Kegiatan Mahasiswa Islam, Kerohanian Islam, Forum Studi Islam, dan Badan Kerohanian Islam.

LDK adalah lembaga yang bergerak di bidang dakwah Islam ini muncul pada era tahun 60-an, kampus merupakan inti kekuatannya, dan warga civitas akademika adalah objek utamanya. Ditinjau dari struktur sosial kemasyarakatan, mahasiswa dan kampus merupakan satu kesatuan sistem sosial yang mempunyai peranan penting dalam perubahan sosial peri-kepemimpinan di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan dari potensi manusiawi, mahasiswa merupakan sekelompok manusia yang memiliki taraf berpikir di atas rata-rata. Dengan demikian, kedudukan mahasiswa adalah sangat strategis dalam mengambil peran yang menentukan keadaan masyarakat pada masa depan. Perubahan masyarakat ke arah Islam terjadi apabila pemikiran Islam telah tertanam di masyarakat itu. Dengan berbagai potensi strategis kampus, maka tertanamnya pemikiran Islam di dalam kampus melalui dakwah Islam diharapkan dapat menyebar secara efektif ke tengah-tengah masyarakat.

Lembaga Dakwah Kampus (LDK) merupakan sumber rekruitmen generasi Islam intelektual-mandiri yang secara tidak langsung mendukung suksesnya perkembangan Islam, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

LDK El-Fataa STEI Al-Ishlah Cirebon hadir berusaha menghadapi tantangan global dengan ikut serta membina para mahasiswa, pemuda, serta elemen masyarakat lainnya baik dari segi intelektual, moral, maupun mental untuk dapat bersaing positif di dalam perkembangan zaman. Hingga saat ini LDK El-Fataa STEI Al-Ishlah terus berkomitmen menjalankan program kerja dalam rangka menciptakan nuansa kampus yang religius dengan semangat nasionalisme.

Media UKM LDK EL-FATAA