Profil Institusi

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Al-Ishlah merupakan salah satu dari tiga Sekolah Tinggi pertama di Jawa Barat yang menyelenggarakan Program Studi Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah).

Keberadaan dan pendirian STEI Al-Ishlah tidak lepas dari Yayasan Al-Ishlah sebagai badan penyelenggara.STEI Al-Ishlah didirikan sejak tanggal 8 Agustus 2005 melalui Surat Keputusan Menteri Agama RI No.Dj.II/535 A/05 tanggal 8 Agustus 2005. Sejak 2005 sampai 2015, STEI Al-Ishlah baru menyelenggarakan 1 (satu) Program Studi yaitu Ekonomi Syariah, yang di tahun 2015 telah mendapatkan akreditasi Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu B (baik) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015. Baru pada tahun 2016 STEI Al-Ishlah menambahkan 2 (dua) Program Studi yaitu Program Studi Perbankan Syariah dan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Penambahan 2 program studi dan peningkatan peringkat akreditasi (dari sebelumnya C menjadi B), menunjukkan semakin baiknya mutu penyelenggaraan dan pengelolaan yang dilakukan STEI Al-Ishlah.

Untuk mencapai visinya tersebut, STEI Al-Ishlah telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan aktif menyelenggarakan berbagai seminar, lokakarya, workshop, pelatihan ataupun mimbar akademik lainnya yang bertujuan untuk mencapai sasaran yang telah dijabarkan dalam Rencana Strategis (Renstra) 2015 – 2019. Beberapa kegiatan yang telah diselenggarakan antara lain :

No.Nama Tenaga Ahli/PakarNama dan Judul KegiatanTahun
1Dr. Ir. H. Murasa Sarkaniputra dan Dr. Djakaria MahmudSudah Syariahkah Perbankan/LKM Syariah di Indonesia dan Kebijakan Ekonomi Indonesia.2013
2Tim Pakar dan Dosen STEI Al-IshlahWorkshop : Langkah Kecil untuk Menggubah Peradaban Dunia2014
2Eko Prasetyo, M.Si dan Mohammad Kamiluddin, S.T., M.Sc.Sosialisasi Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI.2014
3Lely Subekti, SP, MP dan Arlavinda Rezqita, ST, M.SiModel Pengembangan Energi dan Pangan Dalam Perspektif Ekonomi.2014
4Suyono Kasim, M.Ed dan Drs. H.T. AminudinPelatihan Manajemen dan Kepemimpinan2014
5Dr. Ali Sakti dan Sally GiovannyModel Pembangunan Ekonomi Kerakyatan melalui Model Investasi Bagi Untung (IBU)2015
6Prof. Dr. Viethzal dan Dr. Achmad Kholiq, MAPeluang dan Tantangan Ekonomi Islam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)2015
7Prof. Abd. Ghafar Bin IsmailPeluang dan Tantangan Keuangan Inklusif menghadapi Sistem Ekonomi Global2016
8Agus Tianto MingkaPeran Ekonomi Syariah terhadap Akselerasi ekonomi indonesia2017
9Abdul Majid IkramPeluang dan Tantangan Keuangan Inklusif menghadapi Sistem Ekonomi Global2017
10Prof. Dr. Hj. Dewi Lailatul Badriah, M.Kes. AIFOInspire And Be Isnpired2017

Selain menyelenggarakan kegiatan internal, STEI Al-Ishlah juga aktif mengikuti kegiatan ilmiah diluar kampus dan sekaligus sebagai narasumber (pembicara). Beberapa kegiatan yang melibatkan dosen sebagai narasumber antara lain:

  1. Workshop : Model Perdagangan Beras Melalui Sistem Resi Gudang, yang diselenggarakan pada tahun 2014 oleh Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah III Jawa Barat.
  2. Workshop : Model Pengolahan dan Peningkatan Ekonomi Komoditas Mangga Gedong Gincu yang diselenggarakan pada tahun 2014 oleh Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah III Jawa Barat.
  3. Workshop : Kurikulum Hukum Ekonomi Syariah Tingkat Sarjana dan Pascasarjana yang diselenggarakan pada tahun 2014 oleh Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selain kegiatan-kegiatan diatas, dosen STEI Al-Ishlah juga aktif dalam mengikuti organisasi keilmuan berskala nasional antara lain menjadi anggota Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) dan telah membuat Komisariat IAEI dikampus, anggota Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Mahasiswa

Jumlah mahasiswa STEI Al-Ishlah selama 5 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Jumlah mahasiswa STEI Al-Ishlah saat ini tercatat 325 orang.

Mahasiswa STEI Al-Ishlah selama mengikuti pendidikan, tidak hanya memiliki prestasi akademik, namun juga aktif mengikuti dan mendapatkan prestasi di kampus lainnya. Beberapa prestasi tersebut antara lain:

  1. Perlombaan Muslimah Teladan se-wilayah III Cirebon pada tahun 2012 di Kampus Unswagati Cirebon.
  2. Temu Ilmiah Regional (TELMIREG) Forum Silahturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) tahun 2013 di Universitas Kuningan.
  3. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tarbiyah Fair Sma FTK UIN SGD Bandung tahun 2013.
  4. Lomba Penelitian Lingkungan Kategori Mahasiswa se-Jawa Barat Yayasan Islam Al-Ishlah tahun 2014.
  5. Lomba Merancang Proposal Kegiatan Pendistribusian Zakat Produktif, Kategori Perguruan Tinggi tahun 2014.
  6. Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Temu Ilmiah Regional FoSSEI Jawa Barat tahun 2018
  7. Juara Umum Temu Ilmiah Regional FoSSEI Jawa Barat tahun 2018

Selengkapnya tentang Profil STEI Al-Ishlah disini