KSEI Hamassa

Hamassa merupakan Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) yang merupakan Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) berasal dari STEI Al-Ishlah Cirebon yang dibentuk pada 17 April 2009.

Bermula dari kajian-kajian kecil dibalik kelas-kelas kampus, para pemuda berjuang mensosialisasikan Ekonomi Islam pada kajian-kajian kecil, seminar demi seminar, bahkan terjun ke masyarakat dan sikap militan lainnya. Berbekal semangat dan idealisme mereka bergerak dan membawa cita-cita yang bisa jadi tidak banyak orang yang mencita-citakannya yaitu “Membumikan Islam dalam bidang Ekonomi.”

Cikal bakal terbentuknya Hamassa didasari atas dibentuknya sebuah Himpunan Mahasiswa STEI Al-Ishlah yang memiliki tujuan untuk membentuk wadah silaturahim antara Mahasiswa STEI Al-Ishlah dikarenakan dulu STEI Al-Ishlah Cirebon dulu mempunyai 2 kampus yang berbeda tempat yaitu kampus 1 di Jalan Raya Imam Bonjol No.13, Desa Bobos, Kecamatan Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat 45652 (kampus saat ini) dan kampus 2 yang sekarang sudah tidak ada.

Kata Hamassa memiliki arti “semangat”.

Pada perkembangannya saat ini Hamassa berdiri sebagai Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) lebih mengkhususkan diri pada kajian Ekonomi Islam juga kegiatan pembumian Ekonomi Islam. Tepat pada tahun 2011 Hamassa bergabung dengan Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) yang merupakan wadah silaturahim tingkat Nasional bagi yang mengakomodir mahasiswa pecinta Ekonomi Islam yang tergabung dalam Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) di masing-masing kampus di seluruh Indonesia. Sehingga bentuk keorganisasian HAMASSA adalah KSEI yang bergabung dengan FoSSEI dan UKM STEI Al-Ishlah yang berada dibawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STEI Al-Ishlah Cirebon.

UKM KSEI Hamassa sendiri saat ini terakreditasi sebagai KSEI MANDIRI berdasarkan keputusan presnas nomor 52/B/Stf/Presnas/2021 FoSSEI Nasional 2021.

Pada TEMILREG (Temu Ilmah Regional) 2021 cabang lomba Olimpiade Ekonomi Islam UKM KSEI Hamassa berpartisipasi dan meraih gelar Juara II. UKM KSEI Hamassa juga mendapatkan reward sebagai KSEI Best Creator FoSSEI Regional Jawa Barat selain itu juga KSEI Hamassa masuk sebagai 10 besar Best Secretary Batch March FoSSEI Regional Jawa Barat 2021. Dengan ragam kegiatan Regional dan Nasional yang rutin dilaksanakan setiap tahun nya menjadi wadah pengembangan  keterampilan dan keahlian bagi para kader anggota FoSSEI di seluruh indonesia salah satunya kader di UKM KSEI Hamassa STEI Al-Ishlah Cirebon.

VISI UKM KSEI HAMASSA
Mendorong terbentuknya mahasiswa yang cerdas, intelektual, dan religious


MISI UKM KSEI HAMASSA
1) Optimalisasi pengembangan dan pemberdayaan Ekonomi Islam, baik secara teoritis maupun praktis.
2) Menjadi arsitek untuk membumikan Ekonomi Islam secara luas dan massif kepada masyarakat.

3) Menjadi sarana dakwah yang bernuansa ilmiah dalam balutan ukhuwah Islamiyah.
4) Berprinsip PADI (Pahami, Amalkan, Dakwah, Istiqomah) Ekonomi Islam.

Tujuan
1) Sebagai wadah dalam mengkaji dan mengaktualisasikan Ekonomi Islam secara konverensif dan mendalam.
2) Media penyaluran dan pengembangan kreatifitas mahasiswa.
3) Wadah untuk menghimpun sinergisitas dalam memberikan kontribusi kepada kampus dan masyarakat secara luas.
4) Media silaturahim aktivis Ekonomi Islam.

Fungsi
1) Sebagai wadah aktualisasi, komunikasi, dan silaturahim mahasiswa peduli Ekonomi Islam yang berbasis intelektual dan pergerakan.
2) Sebagai wahana pengabdian kepada agama, bangsa, dan Negara.

Media UKM KSEI HAMASSA

Tinggalkan Balasan